MENU
ARTIKEL
  • Juli 26, 2016
Belajar Broadcasting

Info Eagle

Mau belajar membuat film dokumenter lebih awal? Cobalah mencari informasi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang diharapkan dapat mengembangkan kemampuan lebih lanjut dalam dunia kerja maupun kewirausahaan. Secara spesifik SMK ini memiliki Program Studi Keahlian Teknik Broadcasting. Di Jakarta ada sembilan dan untuk Jawa Barat sendiri ada 40 SMK sejenis yang dilengkapi dengan laboratorium untuk menunjang keahlian semacam ini.

Program Studi Keahlian Teknik Broadcasting ini memiliki  Paket Keahlian Teknik Produksi dan Penyiaran Program Radio dan Pertelevisian. Di sekolah dengan paket ini, siswa akan dididik dan dilatih untuk penguasaan  keterampilan teknis kejuruan produksi dan penyiaran program Radio dan Pertelevisian, employability skill dan personal skill dengan materi utama:

1.       Simulasi digital

2.       Pengetahuan broadcasting

3.       Pengetahuan listrik elektronika dan digital

4.       Tenologi penyiaran

5.       Perekaman

6.       Editing

7.       Skenario

8.       Produksi acara

Yang menarik, tiap tahun sekolah tingkat ini mengadakan Lomba Kompetensi Siswa hingga tingkat provinsi maupun tingkat nasional. Pemenangnya akan mewakili Indonesia ke ASEAN Skills bahkan ke tingkat dunia atau World Skills International  Competition. Kalau tertarik coba cari tahu lebih lanjut di Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Gedung E, Lantai 13 Jl. Jend Sudirman, Senayan, Jakarta 10270  telepon 021-5725477 atau kunjungi http://psmk.kemdikbud.go.id/konten/1695

(by Besti)

Share this on: